Monday, July 26, 2010

HASIL SKECTHING & SHARING #05 MUSEUM KOTA MAKASSAR (JL. BALAIKOTA)




Minggu, 25 Juli 2010
Lokasi sket kali ini adalah sebuah bangunan peninggalan penjajahan Belanda yang kini berfungsi sebagai Museum Kota Makassar.  Terletak di jalan Balaikota no. 11 A, bangunan tersebut hanya berjarak beberapa ratus meter dari gedung DKM Fort Rotterdam yang merupakan titik temu para peminat 'sketch on location'.

Dibangun pada tahun 1916 dengan arsitektur bergaya Eropa abad ke-17.  Gedung ini sempat difungsikan sebagai kantor Walikota Makassar. Di tahun 2002 beralih fungsi menjadi museum yang dimaksudkan untuk melayani kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai identitas kota Makassar, sejarah dan budaya penduduknya yang pluralistis. Berbagai koleksi yang dapat kita jumpai dalam museum terebut antara lain:  relief potret Ratu Wilhelmina dan Yuliana yang dihadiahkan bagi  kota Makassar pada masa Kolonial;
koleksi Patompo-mantan Walikota Makassar yang pada masa jabatannya banyak memberikan perubahan pada kemajuan Kota Makassar; Koleksi Maula Art Gallery berupa pernak-pernik hasil kerajinan tradisional, koleksi foto naskah, bangunan dan peristiwa bersejarah, selebihnya koleksi berupa benda-benda kuno seperti bola-bola meriam, mata uang kuno dari jaman VOC dan kerajaan Gowa, porselen China dan Jepang yang dibawa oleh para pelaut Makassar.

Sejak awal didirikan, baru pada usianya yang ke-93 tahun bangunan ini mendapat sentuhan renovasi tepatnya pada Mei 2009.  Di bawah kepemimpinan Prof Dr Andi Ima Kusuma (Guru Besar Sejarah Universitas Negeri Makassar) sebagai sang pengelola, Museum Kota akan dikembalikan ke wajah yang asli.  Berbekal bantuan anggaran dari pihak Pemerintah Kota Makassar dan Balai Pelestarian & Peninggalan Purbakala (BP3) renovasi difokuskan pada perbaikan atap, kayu kusen, dan diding yang telah ditumbuhi lumut yang cukup lebat. 

berikut waktu operasional museum:
Selasa-Kamis: pukul 08.00-14.00
Jumat: pukul 08.00-11.00
Minggu: pukul 08.00-14.00
Sabtu, Senin, dan hari libur: tutup

























4 comments:

  1. Mantap menthong tauwaaa. Lanjutkan dan tingkatkan terus karya dan aktifitas membuat sketchnya agang-agang ku di Makassar.

    ReplyDelete
  2. terimakasih dukungan ta', DonSan :)

    ReplyDelete
  3. aku salut hasil sket teman2 di makassar,... semoga teman2 di balikpapan bisa terjangkiti dan mencintai Pondasi seni rupa ini...salam dan sukses slalu

    ReplyDelete